Forum Literasi buat Video Edukasi “Omnibus Law Ciptaker Solusi Selamatkan Perekonomian Indonesia Saat Krisis”

Ilustrasi camera video (pexels.com)

Jakarta  Pemerintah menargetkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) dapat menambal potensi pelemahan pertumbuhan ekonomi akibat penyebaran Virus Corona (Covid-19). Pemerintah juga memprediksi bahwa Omnibus Law dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi sebesar 0,2 persen sampai 0,3 persen.

Ekonomi Tiongkok juga diprediksi akan tertekan di rentang 1 hingga 2 persen akibat penyebaran Convid-19. Hal ini dikarenakan aktifitas perekonomian di Tiongkok terhambat. Kondisi itu tentu akan memberikan dampak ke Indonesia sebagai mitra dagang.

Pemerintah memprediksi koreksi ekonomi Tiongkok membuat ekonomi Indonesia turun di rentang 0,11 persen hingga 0,3 persen pada 2020. Namun, dengan pemberlakuan Omnibus Law, hal tersebut dapat menambal potensi penurunan pertumbuhan ekonomi tersebut. Pemerintah juga mentargetkan perekonomian di Indonesia tumbuh 5,3 persen pada tahun 2020.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengungkapkan saat ini di Indonesia terlalu banyak aturan dan terlalu kaku hingga membuat Indonesia kalah dalam berkompetisi dengan negara lain.

“Kita sering kali justru membuat peraturan turunan yang terlalu banyak yang tidak konsisten, terlalu rigid dan mengekang ruang gerak kita sendiri. Menghambat kita dalam melangkah, mempersulit kita memenangkan kompetisi yang ada,” ujar Jokowi seperti dikutip dari detik.com, Selasa (28/1/2020).

Ketua Umum Forum Literasi (forumliterasi.org) Abdul H mengatakan pemerintah saat ini perlu gerak cepat dalam menyelamatkan perekonomian Indonesia karena perekonomian dunia yang lesu dan ditambah adanya COVID-19 dan sudah terlihat jelas lesunya perekonomian di Inodonesia, kemarin pemerintah mencatat sudah ada 1,65 juta orang pekerja yang di-PHK.

Melihat pentingnya hal tersebut, Abdul membeberkan, sebagai rakyat Indonesia kami ingin turut ambil bagian dalam mendorong upaya perbaikan ekonomi. Salah satunya kami bermaksud menghadirkan konten kreatif berupa video edukasi dalam rangka memberikan pencerdasan mengenai perekomonian Indonesia saat ini dan bagaimana solusinya dengan menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kapasitas tinggi dibidangnya.

“Tujuannya memberikan wawasan yang sangat penting bagi kita.  Dengan begitu, kita semua bisa mengetahui ap aitu Omnibuslaw dan manfaatnya untuk memperbaiki kondisi perekonimian” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *