Edukasi Masyarakat soal Pilkada Serentak Aman dan Damai, Nusa Pers buat Video Edukasi

Jakarta- Perhimpunan Pers Mahasiswa Nusa Pers membuat video edukasi dengan tema ‘Peran Media dan Masyarakat Guna Mendukung Pilkada 2020 Aman dan Damai sebagai Momentum Pemulihan Ekonomi Bangsa’, yang ditayangkan pada Kamis (20/8/2020).

Dalam video tersebut Nusa Pers menghadirkan narasumber kompeten, seperti Adi Prayitno (Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia), Irmanto Lukman (Wakil Ketua Umum PWI Jaya) dan Bakrie Ahmad Fa’ada (Direktur Bakornas LEMI).

Adi Prayitno mengatakan Pilkada Serentak 2020 yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang penting harus dijadikan momentum bersama bahwa kehidupan politik harus kita selamatkan dengan cara regenerasi dan suksesi di 270 daerah.

“Pada saat yang bersamaan Pilkada ini secara otomatis akan menggerakkan di bidang ekonomi sebab Pilkada akan begitu banyak memobilisasi ekonomi tim sukses dan relawan yang secara tidak langsung akan menggerakkan roda perekonomian kita” tambahnya.

“Masyarakat dan media massa harus berkontribusi secara positif dengan himbauan yang telah disampaikan oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo. Kita semua harus yakin bahwa di tengah (pandemi) Covid-19 Pilkada Serentak 2020 akan damai, tertib tentu dengan cara-cara (mematuhi) protokol kesehatan” tutup Adi Prayitno.

Irmanto Lukman mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi karena ancaman hoax sudah sehari-hari kita rasakan, apalagi pada kontestasi seperti Pilkada Serentak 2020. Oleh karena itu, Irmanto Lukman meminta masyarakat untuk memilah informasi yang dia terima dan melakukan pengecekan lebih lanjut, misalnya pengecekan di channel resminya para kandidat, seperti website resmi dan berbagai macam akun sosial media. Selain itu juga, Irmanto mengajak masyarakat tidak lupa menjaga protokol kesehatan karena di suasana kontestasi kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerimunan tidak bisa dihindarkan.

“Masyarakat bisa melakukan cek and ricek, apakah berita ini yang dimunculkan oleh pihak lawan (politik) itu benar atau tidak dan itu saya pikir cara kita untuk menangkal hoax itu sendiri” tambahnya.

Senada dengan Adi Prayitno, Bakrie mengatakan setiap ada pemilihan umum, setiap ada pilkada baik itu yang diselenggarakan secara serentak ataupun tidak serentak tentunya akan meningkatkan geliat ekonomi di suatu daerah tersebut. Karena saat penyelenggaraan pilkada banyak kebutuhan-kebutuhan baik itu dari alat peraga kampanye, kemudian aksesoris-aksesoris, konsumsi dan lainnya itu bergelontor uang bahkan sampai ratusan milyar rupiah yang kemudian mengalir ke para relawan hingga akhirnya memberikan dampak ekonomi yang baik kepada masyarakat.

“Dengan adanya pilkada serentak ini, uang yang akan digelontorkan kepada masyarakat melalui para kandidat yang bertarung di pilkada itu kan banyak sebetulnya. Justru itu seharusnya yang akan dibawa ke arah meningkatkan daya beli masyarakat karena adanya pertumbuhan demand di masyarakat karena kebutuhan kampanye dan kebutuhan pilkada” ujarnya.

Bakrie juga menghimbau kepada masyarakat tentunya untuk tetap menjaga bersama-sama kondusifitas, tetap menjaga jarak, menjaga kesehatan, terutama di masa Pilkada Serentak 2020 untuk tetap memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam TPS.

Link Video Edukasi tentang Pilkada Serentak 2020 yang Aman dan Damai

https://youtu.be/m9XXp_cXHLA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *