Dukung Penanganan Covid-19, Pertiwi Media Hadirkan Video Edukasi

Jakarta – Permasalahan pandemi  Covid-19 tidak dapat dianggap sepele, sebab dampaknya  ke berbagai sektor, diantaranya sektor ekonomi. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memperbaiki ekonomi pasca pandemi Covid-19. Beberapa paket kebijakan baru dikeluarkan untuk mengembalikan trek pertumbuhan ekonomi nasional.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus telah menugaskan Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala BNPB Doni Monardo untuk bekerjasama dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk dapat menangani kasus di sembilan provinsi prioritas.

Provinsi-provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua dan Bali.

“Target yang diharapkan adalah penurunan penambahan kasus harian. Nomor dua, peningkatan angka kesembuhan. Dan ketiga menurunkan angka kematian. Diminta oleh presiden agar target ini dapat dicapai dalam waktu dua minggu kedepan,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (15/9/2020).

Wiku mengatakan untuk mencapai tiga sasaran tersebut ada beberapa langkah yang akan ditempuh. Pertama, menyamakan data antara pusat dan daerah dalam rangka untuk pengambilan keputusan cepat.

“Lalu melakukan operasi yustisi untuk penegakan disiplin protokol kesehatan dengan menggunakan peraturan pidana untuk menindak pelanggar aturan,” ungkapnya.

Kemudian yang ketiga adalah peningkatan manajemen perawatan pasien covid-19 untuk menurunkan mortality rate dan meningkatkan recovery rate. Sementara yang keempat adalah penanganan secara spesifik klaster-klaster covid di 9 provinsi tersebut.

“Jadi penanganan harus spesifik pada daerah-daerah tertentu di provinsi tersebut. Berarti di kabupaten/kota, Dan juga di dalam di kabupaten/kota itu kita akan lihat klaster-klaster yang lebih spesifik ada dimana. Dan itu harus ditangani dengan segera,” pungkasnya.

Penanganan COVID-19 di Indonesia tentunya tidak bisa berjalan dengan baik tanpa bantuan dari masyarakat., salah satu kunci penghentian penyebaran virus ini adalah kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Untuk itu sebagai bagian dari masyarakat, kami Pertiwi Media ingin membantu pemerintah dalam melawan COVID-19 ini. Kami menghadirkan video edukasi yang semoga bermanfaat untuk masyarakat luas dalam rangka memberikan informasi-informasi yang penting agar kita semua dapat terhindar dari bahaya virus ini dan terhindar dari informasi palsu yang sangat berbahaya” ujar Abdul H, Ketua Komunitas Pers Mahasiswa Jakarta Pertiwi Media, Kamis (17/9/2020). Pertiwi Media menghadirkan pembicara-pembicara komprehensif di bidangnya dalam membuat video edukasi ini. Rencananya video edukasi tersebut akan diluncurkan pada 24 September 2020 melalui kanal Youtube Pertiwi Media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *